Inilah beberapa fakta tentang Luis Milla di BRI Liga 1

BRI Liga 1 2021-2022 - Pengamat Sepakbola

Liga 1 Indonesia kini harus menelan yang pahit karena tidak boleh melanjutkan kompetisinya akibat tragedi stadion Kanjuruhan, Malang 1 Oktober 2022. Namun kali ini kita tidak akan membahas terkait hal tersebut melainkan Luis Milla sebagai pelatih baru di BRI Liga 1 2022/2023.

Ia merupakan mantan pelatih dari Timnas Indonesia yang tengah mendapatkan kontrak dengan durasi selama 2 tahun untuk Persib Bandung.

Tentunya ia memiliki alasan yang khusus karena telah menerima pinangan dari Persib Bandung dan Persib menawarkan proyek yang sangat ambisius nan menarik. Daripada berlama-lama berikut langsung saja beberapa fakta menarik seputar Luis Milla.

  • Pelatih pertama yang berasal dari Spanyol

Siapa sangka bahwa Luis Milla merupakan pelatih asing yang berasal dari negara Spanyol. Hal itu membuktikan bahwa ia merupakan pelatih spanyol pertama di Persib. Sebelumnya nampaknya selalu menggunakan Pelatih asing yang berasal dari negara Eropa. Paling tidak terdapat dua pelatih asing yang pernah melatih Persib Bandung dari luar Eropa.

Kita lihat saja apakah Luis Milla yang memiliki predikat matador pertama di Persib mampu membuat Persib Bandung lebih naik performanya. Sebab ia juga menganggap bahwa Persib merupakan sesuatu yang penting untuknya.

  • Satu-satunya di BRI Liga 1

Selain Persib, wismilak ternyata juga menjadi pelatih spanyol satu-satunya dalam BRI Liga 1 2022/2023. Paling tidak pelatih pertama dari Spanyol yang berkarir di Indonesia dulu adalah Eduardo Perez tahun 2020.

Kala itu, Eduardo Perez melatih klub PSS Sleman. Menariknya iya juga merupakan mantan asisten dari Luis Milla saat ia menjadi pelatih timnas Indonesia 2018-2019.

Tentunya kehadiran pelatih Luis Milla dalam klub Persib Bandung akan menambah nuansa yang sangat kental khususnya nuansa Eropa pada musim ini. Menilik pada kejadian sebelumnya bahwa Eduardo Almeida dan Bernardo Tavares (Portugal), Dejan Antonic (Serbia), Milomir Seslija (Bosnia dan Herzegovina), dan Thomas Doll (Jerman).

  • Miliki segudang pengalaman

Nampaknya Luis Milla memiliki hubungan khusus dengan Indonesia. Fakta tersebut didapat ketika Luis Milla pernah menukangi Timnas Indonesia senior dan U-23 pada 2017-2018.

Tentunya pengalaman yang ia dapat tersebut menjadi bekal untuk Luis Milla terlebih masih terdapat pemain yang juga pernah merasakan di bawah asuhan Luis Milla saat ini di Persib Bandung.

Mereka yakni Febri Haryadi dan Ezra Walian. Dua nama pemain tersebut nantinya menjadi cikal bakal untuk memudahkan Luis Milla menerapkan strategi yang ia rancang.

  • Setelah 4 tahun

Persib Bandung kini menjadi klub pertama untuk Luis Milla paskah ia vakum selama 4 tahun. Iya kalau itu terakhir kali melatih sebuah tim adalah Timnas Indonesia senior u-23 pada tahun 2018 lalu.

Usai kontraknya habis Luis Milla tidak lagi mengasuh baik club maupun Timnas. Hidup Luis Milla sehari-hari ya habiskan mengikuti agenda-agenda yang masih berbau tentang sepak bola di luar lapangan.

Persib Bandung kini menjadi klub ke-5 dalam sejarah untuk karir ke pelatihan Luis Milla. Sebelum itu pelatih 50 tahun ini pernah melatih beberapa klub antara lain, Pucol, Al Jazira, Lugo, dan Real Zaragoza.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa fakta tentang Luis Milla, yang bisa menjadi  Liga 1 Indonesia yang kini melatih Persib Bandung. Jangan lupa untuk terus menantikan informasi sepak bola terbaru dan mudah-mudahan informasi di atas dapat menghibur kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *