Cara Menggunakan Testpack yang Mudah dan Tepat

3 Cara Menggunakan Tespek (Test Pack) Kehamilan yang Benar | Indozone.id

Kehamilan bagi pasangan muda atau pasangan yang sudah cukup lama mengupayakan punya anak pasti menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Berita kehamilan bisa jadi berita yang sangat membahagiakan. Ada banyak cara untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak di antaranya dengan menggunakan alat test kehamilan instant yang kita kenal dengan nama testpack atau melakukan uji lab dengan menggunakan sampel darah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara menggunakan testpack yang baik dan benar, berikut ini beberapa gejala awal kehamilan yang bisa dirasakan seorang wanita.

1. Terlambat menstruasi

Gejala paling awal dan paling mendekati kebenaran bahwa seorang wanita itu hamil adalah terlambat menstruasi. Berapa lama terlambatnya pada setiap wanita berbeda-beda tergantung siklus menstruasinya sendiri. Ada wanita yang terlambat beberapa hari saja sudah bisa terbukti bahwa dia hamil tapi pada wanita lain terlambat hampir 1 bulan atau 2 bulan baru bisa dideteksi kehamilannya.

2. Kram perut

Tanda yang kedua ini memang sangat persis dengan tanda seorang wanita akan menstruasi yaitu keram pada bagian perut yang disertai nyeri. Bedanya jika pada kram menstruasi seorang wanita hanya akan merasakan sensasinya saat menstruasi saja, tetapi ketika seorang wanita hamil maka dia akan merasakan kram yang konstan dengan tingkat kram sedang.

3. Nyeri payudara

Tanda yang ketiga ini juga mirip dengan tanda-tanda menstruasi pada wanita yaitu nyeri payudara. Meski begitu, sama halnya dengan kram, nyeri payudara pada wanita yang sedang hamil akan dirasakan konstan dan cukup lama dibandingkan nyeri payudara pada wanita yang akan menstruasi. Nyeri payudara pada wanita menstruasi biasanya akan hilang seiring dengan keluarnya darah menstruasi itu sendiri

Cara menggunakan testpack yang baik dan benar

Anda mungkin sudah merasa deg-degan dan ingin segera mengetahui apakah hamil atau tidak sehingga memutuskan menggunakan testpack pada saat menyadari terlambat haid. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar hasil yang didapat akurat dan bisa dipercaya.

Pilih testpack yang bagus

Ada banyak merk testpack yang beredar di luar sana tetapi akan lebih bagus jika Anda menggunakan testpack yang terbaik. Yang dimaksud testpack terbaik di sini bukan hanya testpack bermerk melainkan testpack yang baik dan Anda sudah bisa memastikan keakuratan testpack tersebut.

Pastikan testpacknya dalam keadaan disegel sebelum Anda mulai menggunakan dan pastikan stiknya dalam keadaan baik seperti tidak ada yang lepas ataukah bagian indikatornya tidak tersentuh dengan tangan bebas dan lain sebagainya

Lakukan pada urine pertama di pagi hari

Anda mungkin sudah saking penasarannya dan memutuskan melakukan testpack pada saat mulai menyadari keterlambatan haid entah itu pada siang atau malam hari. Hal ini tidak sepenuhnya salah tetapi jika Anda menginginkan hasil testpack yang akurat maka lakukanlah di pagi hari pada urin pertama Anda.  Pengambilan sampel urin pagi hari akan menghasilkan hasil yang lebih akurat dikarenakan pada saat pagi urine HCG atau human growth hormone berada pada kadar paling tinggi.

Pastikan penggunaan sesuai dengan petunjuk

Anda bisa membaca brosur tentang cara penggunaan testpack yang benar pada setiap kemasan testpack yang Anda beli baik testpack berupa indikator ataupun testpack digital. Upayakan pemakaian benar dan menunggu dalam rentang waktu yang sudah ditentukan.

Jika hasilnya negatif tetapi Anda masih belum yakin dan berpikir mungkin terjadi sedikit kesalahan, ada baiknya lakukan pengambilan sampel urin minimal dua minggu ke depan karena bisa jadi selain waktu dan cara pengambilan yang salah, alat belum bisa membaca karena usia kandungan terlalu muda

Itulah tadi cara menggunakan testpack yang mudah, baik dan benar yang bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan professional, tapi jika Anda ingin hasil yang lebih akurat dan maka kunjungi saja dokter kandungan terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *