5 Rekomendasi Pinjaman Online Cepat Cair Bayar Bulanan Tanpa Jaminan

Sekalipun ada beberapa fintech yang menawarkan pinjaman dalam hitungan hari, namun sepertinya masyarakat lebih memilih pinjaman online cepat cair bayar bulanan. Selain tidak terburu-buru dalam membayar pokok pinjaman, bagi yang sudah punya penghasilan tetap bulanan bisa mengatur secara leluasa kapan harus membayar pinjaman, tagihan, dan aktivitas keuangan lainnya.

Salah satu perbedaan pinjaman online dengan lembaga keuangan konvensional adalah soal jaminan. Rata-rata pinjaman konvensional akan meminta jaminan seperti STNK, BPKB, hingga barang-barang berharga saat proses akad pinjaman. 

Kondisi seperti itu ada plus dan minusnya. Plusnya adalah bunga pinjaman jadi lebih rendah dan terjangkau sekalipun tetap ada biaya administrasi dan bunga pinjaman. Minusnya tentu saja akan sangat menyulitkan dan memberatkan bagi nasabah yang tidak punya jaminan tetapi sudah punya penghasilan tetap.

Kondisi seperti itulah yang akhirnya dicarikan jalan keluarnya oleh beberapa fintech dengan menghadirkan pinjaman online cepat cair bayar bulanan tanpa jaminan. Namun, sebagai konsekuensinya memang ada bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Konsekuensi tersebut pada akhirnya bisa diterima oleh masyarakat.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi pinjaman online cepat cair bayar bulanan tanpa jaminan dan tanpa survey sama sekali, karena proses pengajuan pinjaman sepenuhnya dapat dilakukan secara online melalui aplikasi maupun melalui situs merchant yang sudah bekerjasama dengan fintech-fintech tertentu di bawah ini.

  1. Indodana
  2. KlikACC
  3. UangMe
  4. Cairin
  5. Kredivo

1. Indondana

Salah satu P2P lending yang cukup dikenal ini berada dibawah naungan PT Artha Dana Teknologi. Indodana sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Indodana memiliki dua fitur pinjaman yaitu dana tunai dengan plafon pinjaman sampai dengan Rp 8 juta, dan paylater dengan tenor sampai dengan Rp25 juta yang bisa dicicil dengan tenor tertentu.

Soal persyaratan Indodana mensyaratkan nasabah berusia antara 21 tahun dan maksimum 50 tahun. Sudah punya rekening atas nama pribadi dan sudah berjalan paling tidak selama 3 bulan. Punya penghasilan tetap dan sudah bekerja paling tidak selama 3 bulan. Warga Negara Indonesia yang berdomisili dan bekerja di daerah Jabodetabek dan dapat dihubungi secara langsung baik lewat alamat yang tertera sebagai tempat tinggal ataupun kantor.

2. KlikACC

KlikAcc adalah salah satu P2P lending yang memiliki produk pinjaman dengan cara bayar secara bulanan. Perusahaan dibawah naungan PT Aman Cermat Cepat ini sudah terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Sedikit berbeda dengan pinjaman online lainnya, KlikAcc menerapkan opsi lelang pinjaman dan lelang invoice. Jadi, penerima pinjaman bisa menawarkan invoicenya untuk dibayarkan oleh pemberi dana. Si pemberi dana nantinya bisa mendapatkan margin keuntungan dari dana yang dipinjamkan. Sementara si penerima pinjaman tentu saja harus membayar pokok pinjaman beserta dengan bunganya.

Pinjaman dana dari KlikAcc bisa dicicil secara bulanan. Tenor yang diberikan antara 3,6, dan 12 bulan. Namun demikian, Klik Acc berbasis kemitraan sehingga lingkupnya terbatas, rata-rata nasabahnya berasal dari kalangan karyawan tetap yPiang sudah punya pekerjaan mapan dan para pelaku UMKM yang memang membutuhkan dana pinjaman yang sangat besar. 

3. UangMe

Aplikasi pinjaman lain yang bisa dibayar secara bulanan adalah UangMe. Pinjaman online dengan pembayaran bulanan ini berbasis aplikasi. UangMe berada di bawah pengelolaan PT Uangme Fintek Indonesia yang terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK sejak tahun 2018. Hingga 2021, artinya Uangme sudah berkiprah selama hampir 4 tahun lamanya.

Pinjamannya tersedia mulai dari Rp400 ribu sampai dengan Rp3,4 juta. Untuk tenornya disesuaikan dengan lama pinjaman. Untuk bunga harian antara 0.75% sampai dengan 0.79%. Sedangkan untuk bunga pinjaman dengan tenor hingga 4 bulan dikenai bunga antara 0.2% sampai dengan 0.23%. 

4. Cairin

Pinjaman online bayar bulanan lain yang juga sudah terdaftar di OJK adalah PT Idana Solusi Sejahtera dengan nama produknya Cairin. Selain menawarkan pinjaman harian seperti cicilan 14 hari, 21 hari hingga 28 hari, Cairin juga menawarkan produk pinjaman dengan pembayaran secara bulanan, yaitu dengan pilihan tenor 3 bulan dan 6 bulan saja.

Plafon pinjamannya juga cukup tinggi sampai dengan Rp20 juta. Syarat utamanya diutamakan sudah berstatus sebagai karyawan.  

5. Kredivo 

Fintech lain yang sudah lama dan malang melintang di dunia fintech adalah Kredivo. Sejak lama Kredivo memberikan kemudahan soal pendaftaran maupun tingkat suku bunga yang rendah dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

Bunga Kredivo malah makin turun dari sebelumnya 2,95% kini menjadi 2,6%. Hal tersebut menjadi salah satu yang membedakan Kredivo dengan yang lainnya.

Bahkan saat ini Kredivo meluncurkan fitur belanja cicilan bulanan dengan bunga nol persen untuk tenor 3 bulan. Jadi, cukup hanya bayar biaya admin saja sebesar 1% dari pokok pinjaman setiap bulannya. Untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan, tetap bisa ajukan pinjaman bulanan dengan bunga 2,6% per bulan, bukan per hari. 

Selain menjadi pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang diandalkan, Kredivo juga bisa dimanfaatkan untuk bayar berbagai tagihan bulanan hanya dalam satu aplikasi saja. Malahan sudah ada fitur pembayaran otomatis. Jadi, nantinya hanya tinggal membayar semua tagihan dalam satu rekening saja dengan membayar ke Kredivo.

Nah, jika tertarik dengan keunggulan Kredivo, bisa unduh aplikasi resminya langsung baik lewat Google Play Store maupun App Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *