Review dan Synopsis Film Preman Pensiun Serial Televisi

Kisah Haru dan Perjuangan Para Pemain Preman Pensiun 4 di Dunia Nyata |  merdeka.com

Salah satu serial televisi yang tayang di RCTI dengan mengusung genre drama komedi, serial ini diproduksi di Bandung, Jawa Barat. Sutradara sekaligus penulis cerita sinetron Preman Pensiun 4 adalah Aris Nugraha, serial populer ini juga pernah ditayangkan di GTV.

Seri Musim Pertama

Pertama kali tayang pada 12 Januari 2015, mengisahkan tentang Kang Bahar (Didi Petet) yang memutuskan untuk pensiun dari preman. Kang Bahar hanya menyampaikan ini kepada Kang Muslihat (Epy Kusnandar) selaku tangan kanannya, namun Muslihat tidak menerima keputusan Kang Bahar.

Alasan Kang Bahar berhenti menjadi preman karena, sebelum istrinya meninggal, dirinya mengatakan akan menunggu suaminya di surga. Menurut Bahar dirinya tidak akan masuk surga, jika masih menjadi preman.

Kabar mengenai pensiunnya Kang Bahar yang tidak ada pengumumannya itu, membuat Muslihat memanfaatkannya untuk mengambil kekuasaan serta jatah untuk Bahar. Namun, tindakan tersebut akhirnya terungkap, lalu memunculkan konflik.

Seri Musim Kedua

Tayang perdana pada 25 Mei 2015, bercerita tentang hidup Muslihat menjadi makmur dan sejahtera, setelah dirinya menempati posisi Kang Bahar. Muslihat juga sudah mampu memenuhi kebutuhan rumah tangganya, berbeda dengan Komar (Mat Drajat) yang masih kesulitan  membahagiakan anak dan istrinya.

Namun, Kang Bahar hanya berada di rumahnya saja bersama Amin dan Imas, sedangkan Kinanti (Tya Arifin) bekerja di Jakarta. Sementara, Jamal (Ikang Sulung) sudah dibebaskan dari penjara, tetapi kebebasannya akan memunculkan konflik baru terhadap Kang Mus serta anak buahnya.

Untuk melaksanakan ambisinya menggeser posisi Kang Mus, Jamal mengatur Jupri agar menjadi anak buah Kang Mus kembali. Hal tersebut dilaksanakannya untuk membalaskan dendam.

Season 2 ini akan diwarnai dengan kisah komedi yang terjadi antara Murad dan Pipit. Serta konflik dalam rumah tangga Komar yang tiada henti-hentinya, juga kisah cinta Ubed yang bertepuk sebelah tangan.

Seri Musim Ketiga

Season ketiga yang perdana tayang pada 14 Desember 2015 ini, mengisahkan tentang Kang Mus yang telah pensiun dari preman. Setelah pensiun, Kang Muslihat menekuni bisnis kicimpring, bekerja sama dengan Esih, Ceu Udoh, serta Emak, pada proses pengolahan kicimpring. 

Namun, Jamal mulai menguasai dunia preman secara perlahan, yang telah Kang Mus tinggalkan. Dirinya juga menggunakan cara kotor untuk menjatuhkan orang-orang yang menggantikan Kang Mus.

Di sisi lain, mantan anak buah Kang Mus telah disibukkan pekerjaan barun serta kisah percintaannya masing-masing.

Seri Musim Keempat

Di season ini yang tampil pertama kali pada 25 April 2020, bisnis kecimpring yang digeluti Kang Mus sedang mengalami penurunan. Sementara, Kang Mus juga membutuhkan biaya, karena anaknya akan masuk ke universitas.

Di sisi lain, Bubun tertangkap oleh polisi, karena mengendarai motor tanpa memiliki surat-surat, Saep yang masih berprofesi sebagai pencopet. Karier Saep mengalami perkembangan, dirinya juga mempunyai anak buah baru, tetapi aksi anak buahnya sering ketahuan.

Karena itu Gugum dan Mira yaitu anak buah Asep berusaha berhenti mencopet, namun usaha keduanya selalu digagalkan oleh Saep. Diceritakan, Willy akan kebingungan mengenai hutang Bubun, karena dirinya bertanggung jawab atas bunga hutang tersebut, sementara Bubun berada di penjara.

Pada season ini juga diceritakan, nantinya bisnis kicimpring yang dikelola Kang Mus akan meningkat. Seorang wanita muda bernama Serena juga berniat membantu usaha kicimpring yang dijalani Kang Mus.

Sinetron Preman Pensiun memang memiliki season yang panjang, sama halnya seperti sinetron lainnya. Kabarnya, Preman Pensiun 5 rencana tayang pada bulan puasa tahun 2021, berdasarkan informasi dari akun @officialrcti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *