6 Hal Ini Harus Ibu Pertimbangkan Saat Akan Membeli Scooter Balita

main image

Scooter listrik akhir akhir ini tengah menjadi tren di kalangan orang dewasa. Dan ternyata balita juga bisa menggunakan mainan yang bisa dinaiki ini. Tetapi sebelum membeli skuter untuk si kecil, ibu harus tahu terlebih dahulu tentang kriteria skuter yang bagus digunakan si kecil. Jadi ibu tidak boleh sembarangan membelinya.

Scooter memungkinkan buah hati ibu yang aktif untuk bisa berpindah pindah dengan kecepatan dan kebebasan. Selain itu juga alat ini bisa melatih kemampuan psikomotorik, termasuk koordinasi serta keseimbangan. Ibu juga selaku orang tua pastinya suka karena bisa membuat si kecil sibuk selama berjam jam. Dan yang lebih menariknya lagi, perjalanan menjadi lebih cepat dan ibu tidak perlu mendorong lagi stroller.

Lalu apa saja yang harus dipertimbangkan saat akan membeli skuter untuk balita? Berikut dibawah ini 6 hal yang harus dipertimbangkan ibu saat akan membeli skuter untuk si buah hati, diantaranya yaitu :

  1. Pilih Scooter Roda Tiga

Skuter yang paling aman digunakan si kecil yang masih berusia 2 hingga 5 tahun adalah skuter beroda tiga, baik dua roda di depan ataupun di belakang. Skuter roda tiga ini lebih baik keseimbangannya saat berbelok sehingga risiko anak terjatuh lebih rendah. 

  • Pilih Skuter Yang Kuat

Menjadi karakteristik balita jika ingin selalu tahu, energik, dan cenderung sembrono. Oleh karena itu ibu harus memilih skuter untuk balita yang kuat sehingga tidak mudah rusak serta tahan lama, khususnya di bagian deck (injakan) nya. Pilih skuter dari bahan plastik yang kuat dan berkualitas tinggi.

  • Pilih Skuter Yang Bisa Digunakan Sampai Besar

Supaya bisa digunakan bertahun tahun, pastikan ibu memilih skuter untuk balita yang bisa mengikuti pertumbuhan si kecil nanti. Cek batas maksimal berat badan untuk bisa menggunakan skuter, dan pastikan ketinggian pegangannya itu bisa diatur. Sebaiknya memilih skuter dengan pegangannya yang berada diantara dada dan perut si kecil. Jika pegangannya terlalu rendah bisa menyebabkan anak mudah terjatuh ke depan. Sedangkan jika terlalu tinggi pegangannya, bisa menyebabkan tangan si kecil berada di depan mukanya.

  • Pilih Skuter Dengan Roda Yang Bisa Berputar Lancar

Pastikan ibu memilih skuter dengan rodanya yang bisa berputar lancar sehingga nyaman digunakan baik didalam ataupun diluar ruangan. Pilih skuter untuk balita yang rodanya tidak mudah rusak saat digunakan di luar ruangan.

  • Pilih Skuter Yang Memiliki Deck Fleksibel Jika Nantinya Akan Sering Digunakan Di Jalan Yang Tidak Mulus

Jika nanti skuter yang dibeli akan sering digunakan di jalan yang tidak mulus seperti jalan di depan rumah yang berbatu dan berpasir, maka ibu harus memilih skuter yang memiliki deck fleksibel, roda yang bisa meredam guncangan, dan memiliki sistem suspensi di fork atau besi yang terpasang ke roda.

Suspensi atau sistem pegas dan peredam guncangan sebaiknya tidak terlalu lembut supaya tidak beraksi berlebihan saat digunakan melewati jalanan yang tidak rata.

  • Aspek Lain Yang Harus Diperhatikan

Pilih skuter dengan setir yang nyaman saat digunakan dan pergerakan yang mudah. Cek juga berat skuter serta apakah skuter bisa dilipat dengan ringkas supaya mudah disimpan dan praktis dibawa kemana mana. Oleh karena itu sebaiknya ibu mengecek langsung skuter yang akan dibeli, lalu biarkan si kecil mencoba menggunakannya untuk mengetahui apakah skuter yang dipilih nyaman atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *