Inidia Beberapa Jenis Bahan Kerudung Yang Harus Anda Ketahui

Mungkin sebagain besar dari anda belum mengetahui jenis-jenis kain yang digunakan untuk bahan kerudung? Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan mengupas tentang beberapa jenis bahan kerudung sebagai berikut :

1. Bahan Sifon

Perlu anda ketahui, bahwa jenis bahan sifon ini pada dasarnya terbuat dari bahan kapas, serat sintetis, dan sutera. Dengan terbuat dari bahan-bahan tersebut, kerudung sifon ini memiliki sifat yang licin, tipis, dan panas ketika digunakan. Maka dari itu, supaya anda bisa menggunakannya dengan nyaman, anda harus menggunakan ciput yang terbuat dari bahan kaos terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya anda tidak kegerahan pada saat menggunakannya dan supaya tidak ribet bolak-balik untuk membetulkan kerudung anda. Kerudung dengan bahan sifon ini sangat cocok anda gunakan untuk acara semi formal maupun formal, karena dengan menggunakan kerudung sifon ini penampilan anda kan nampak lebih elegan.

2. Bahan Voile

Ciri khas dari kerudung berbahan voile ini adalah memiliki kehalusan serta kelembutan yang tinggi. Sehingga kerudung berbahan voile ini sangat cocok dan nyaman untuk anda gunakan pada siang hari. Supaya lebih nyaman lagi, anda bisa menggunakan daleman seperti ciput ninja terlebih dahulu. Namun, karena bahan kerudung ini memiliki sifat yang tidak lentur, sehingga akan membuat sedikit bagi anda untuk mengkreasikannya.

3. Bahan Sutera

Dengan menggunakan kerudung berbahan sutera ini, akan membuat anda merasa nyaman, karena memiliki sifat yang tipis dan lembut. Selain itu, bahannya juga terasa dingin dan lembut, sehingga tidak aneh kalau kerudung yang berbahan sutera ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kerudung berbahan lainnya. Namun kerudung berbahan sutera ini membutuhkan perwatan yang ekstra supaya bisa tahan lama dan awet. Perlu anda ketahui, bahwa kain sutera ini merupakan bahan yang mudah luntur dan kusut.

4. Bahan Spandex

Ciri khas dari kerudung berbahan spandex ini adalah memiliki corak yang mengkilap. Kerudung spandex ini sangat cocok untuk anda gunakan pada aktivitas yang cukup padat, karena bahan spandex ini bisa menyerap keringat anda dengan lebih maksimal. Sama halnya dengan sutera, spandex ini memiliki harga yang relatif mahal, karena memiliki bahan yang lembut, halus, dan nyaman pada saat digunakan. Bahan spandex ini juga memiliki tekstur yang elastis, sehingga membuat kerudung yang satu ini sangat mudah untuk dibentuk.

5. Bahan Ceruti

Kerudung dengan berbahan ceruti ini sangat banyak diminati oleh para hijabers karena memilki tekstur yang sangat elastis. Hal ini dikarenakan kerudung ceruti ini didapatkan dari kandungan bahan sutera yang lembut. Dengan menggunakan kerudung berbahan ceruti ini, akan membuat penampilan anda nampak lebih elegan dan mewah.

6. Bahan Rayon

Kerudung berbahan rayon ini memiliki tingkat keademan yang cukup tinggi ketika digunakan. Selain itu, kesan casual yang nampak akan membuat kerudung rayon sangat nyaman pada saat digunakan untuk menemani keseharian anda. Akan tetapi, bahan rayon ini mudah kusut, bahkan terkadang luntur, dan cepat menimbulkan aroma yang kurang sedap pada saat digunakan, karena bahan ini mudah sekali untuk menyerap keringat.

7. Bahan Kaos

Kerudung bahan kaos ini akan membuat adem dan nyaman pada saat digunakan. Sehingga kerudung ini sangat cocok digunakan ketika cuaca sedang panas. Namun bahan kaos ini sangat mudah melar.

8. Bahan Jersey

Bahan jersey ini memiliki tekstur yang tebal, berserat halus, dan tidak transparan. Sehingga kerudung ini sangat cocok digunakan untuk menemani keseharian anda.

9. Bahan Katun

Kerudung dengan bahan katun ini menjadi kerudung yang paling nyaman untuk anda gunakan sehari-hari. Karena bahan katun ini memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan efektif dalam menyerap keringat.

Itulah beberapa jenis bahan untuk pembuatan kerudung, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *